7 Taktik Tepat untuk Turunkan Berat Badan Waktu Puasa - Jim Gilbert at Large

7 Taktik Tepat untuk Turunkan Berat Badan Waktu Puasa

Jika sampai kini Anda telah berangan-angan untuk diet tetapi belum kesampaian, bulan Ramadan bisa saja peristiwa yang pas. Akan tetapi, Anda perlu langkah turunkan berat tubuh yang tentu saja ampuh. Pasalnya beberapa orang malah berat badannya naik saat puasa. Jadi agar Anda dapat tampil sempurna saat hari raya datang kelak, baca dahulu langkah turunkan berat tubuh waktu puasa yang aman dengan tujuh taktik di bawah ini.

Langkah turunkan berat tubuh waktu puasa yang aman serta ampuh



  • Memperbanyak makan serat serta protein waktu sahur serta membuka

Waktu Anda memakan sahur serta membuka puasa, yakinkan makanan Anda kaya serat serta protein. Dibanding makanan tinggi kalori, serat akan diserap serta diolah oleh badan dalam tempo yang lebih lama. Anda juga dapat terasa kenyang selama seharian tiada serta menahan kelaparan saat puasa.

Menurunkan Berat Badan Saat Puasa


Makanan tinggi serat serta protein pun menolong mendesak nafsu makan hingga saat saatnya makan malam sesudah berbuka puasa, Anda tidak kalap serta justru umumnya makan.

  • Jauhi minuman dan makanan manis

Walau semestinya membuka puasa memang gunakan yang serba manis untuk kembalikan daya, tetapi janganlah terbuai sampai umumnya. Kebanyakan minuman dan makanan manis malah akan disimpan menjadi lemak oleh badan, yang jadi mengacaukan diet Anda.

Pasalnya waktu berpuasa, produksi insulin badan alami penurunan. Walau sebenarnya insulin berperan untuk merubah gula jadi sumber daya. Bila gula tidak dirubah jadi daya, badan akan menyimpannya berbentuk lemak. Berikut kenapa makan sajian manis waktu berpuasa dapat membuat gemuk.

Jadi, lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk meningkatkan daya. Contohnya dari buah, sayur, serta nasi merah.

  • Masih berolahraga

Bukan bermakna sebab Anda tengah puasa serta tidak makan banyak, Anda bisa bermalas-malasan. Olahraga malah bisa saja langkah turunkan berat tubuh waktu puasa yang efisien.

Umumnya badan membuahkan daya dari pembakaran glukosa (gula). Akan tetapi, saat Anda puasa serta tidak memperoleh konsumsi glukosa saat berjam-jam, badan akan mencari sumber daya yang lain, yakni cadangan lemak Anda. Jadi, olahraga waktu puasa dapat menyebabkan pembakaran lemak berlebihan pada tubuh Anda.

  • Minum banyak air

Yakinkan Anda masih minum banyak air saat bulan Puasa, sekurang-kurangnya 8 gelas /hari. Anda dapat memakai rumus 2-4-2: Dua gelas waktu sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas sesudah Tarawih, serta 2 gelas sebelum tidur.

Riset dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengutarakan jika minum air putih dapat tingkatkan metabolisme badan sampai 30 %. Makin cepat metabolisme badan Anda kerja, makin banyak lemak serta kalori yang dibakar oleh badan.

  • Jauhi makan sahur serta membuka dengan gorengan

Sesudah meredam lapar sepanjang hari, Anda mungkin tergoda untuk langsung memakan makanan berlemak waktu berbuka puasa. Berhati-hati, konsumsi makanan serba digoreng yang sarat dengan lemak jahat (lemak jemu) di bulan puasa masih dapat membuat Anda gemuk.

Untuk penuhi keperluan nutrisi waktu puasa, ubah dengan lemak tidak jemu. Lemak tidak jemu lebih baik untuk kesehatan sebab tidak tingkatkan kandungan cholesterol Anda. Anda dapat memperoleh konsumsi lemak tidak jemu dari kacang-kacangan, alpukat, serta ikan.

  • Tidur cukup

Tidur bisa saja langkah turunkan berat tubuh waktu puasa yang mujarab. Masalahnya kurang tidur waktu puasa akan mengacaukan skema metabolisme Anda. Mengakibatkan, badan tidak membakar cadangan lemak dengan efisien.

Selain itu, kurang tidur pun tingkatkan kandungan hormon ghrelin yang mengakibatkan nafsu makan makin bertambah. Bisa-bisa saat saatnya membuka puasa Anda jadi kalap serta makan kebanyakan.

  • Jagalah bagian makan waktu berbuka

Walau Anda tidak makan, ngemil, atau minum sepanjang hari, Anda harus tetap mengawasi bagian makan waktu sahur serta membuka puasa. Makan dengan bagian terlalu berlebih dapat tingkatkan gula darah dengan tidak diduga. Walau sebenarnya seperti dijelaskan awal mulanya, badan tidak menghasilkan banyak insulin saat puasa. Gula juga cuma akan dirubah jadi lemak pada tubuh.

Agar tidak makan terlalu berlebih, coba gunakan piring yang ukurannya lebih kecil. Anda dapat juga sahur atau membuka puasa dengan makanan yang dapat membuat Anda cepat kenyang seperti sup.