Miliki Sakit Maag tetapi Ingin Diet, Apakah Boleh? - Jim Gilbert at Large

Miliki Sakit Maag tetapi Ingin Diet, Apakah Boleh?

Anda barangkali sempat berkali-kali berusaha untuk diet, tetapi belum pernah sukses sebab miliki penyakit maag. Terlambat makan dikit saja, tanda-tanda asam lambung langsung kambuh serta membuat perut berasa perih. Walau sebenarnya, Anda mungkin ingin diet untuk turunkan berat tubuh yang berlebihan. Sebetulnya, apa orang dengan sakit maag betul-betul tidak bisa diet? Jika bisa, bagaimanakah cara amannya? Yuk, cari info melalui penjelasan di bawah ini.

Apa pasien maag bisa diet?


Sebelum akan memutuskan untuk diet, Anda mesti tahu dahulu apakah makna diet sebetulnya. Beberapa orang yang memandang jika diet ialah usaha batasi makanan yang masuk sesedikit mungkin agar berat tubuh cepat turun. Walau sebenarnya, asumsi ini kurang pas, lho.

Diet ialah langkah yang dikerjakan untuk mengendalikan jumlahnya serta pilih makanan untuk sampai arah spesifik. Contohnya turunkan berat tubuh, mengatur kandungan cholesterol badan, sampai percepat pengobatan penyakit spesifik.

panduan diet saat sakit maag


Memang tidak seutuhnya salah bila Anda ingin batasi konsumsi makanan dengan diet. Namun, ini bukan bermakna Anda lalu memaksakan diri untuk makan dalam bagian yang amat sedikit dari umumnya.

Orang yang menanggung derita sakit maag pasti akan tidak kuat diet jika mesti batasi bagian makannya, karena sekali saja terlambat makan, perut akan berasa mulas sebab asam lambung naik.

Sebenarnya, orang yang miliki sakit maag bisa diet seperti orang normal yang lain, kok. Ditambah lagi buat Anda yang alami keunggulan berat tubuh, diet bisa saja langkah yang pas untuk memperoleh berat tubuh baik, walau miliki sakit maag.

Yang penting, lihat kembali langkah diet yang Anda lakoni. Ingat, meskipun tengah diet, Anda mesti masih makan teratur agar tanda-tanda asam lambung tidak kambuh. Bahkan juga bila dikerjakan lewat cara yang benar, diet dapat juga menolong memudahkan tanda-tanda maag, lho.

Tips diet aman untuk orang dengan sakit maag


Meskipun orang dengan sakit maag bisa melakukan diet, tetapi ada banyak hal yang masih butuh Anda lihat. Kuncinya ialah seimbangkan pada konsumsi makanan serta daya yang dikeluarkan sehari-hari. Nah, di bawah ini tips diet yang aman untuk orang dengan sakit maag.

  • Pilih makanan yang pas
Buat Anda yang miliki sakit maag tetapi ingin diet, Anda mesti pandai pilih type makanan yang aman untuk asam lambung sekaligus juga tidak membuat berat tubuh naik. Kunci pentingnya ialah pilih makanan yang memiliki kandungan rendah kalori serta lemak, tetapi tinggi protein. Perumpamaannya yakni ikan, daging ayam tiada kulit, daging sapi tiada gajih, serta telur ayam sisi putihnya saja.

Lihat pun konsumsi karbohidrat harian Anda. Karbohidrat yang kebanyakan tidak cuma membuat berat tubuh Anda cepat naik, tetapi pun jadi parah tanda-tanda asam lambung. Ditambah lagi bila karbohidrat ini datang dari makanan olahan seperti kue, donat, atau roti.

Menjadi jalan keluarnya, ubah dengan konsumsi karbohidrat dari buah-buahan fresh, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Atau pilih sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah serta roti gandum. Makanan ini bisa menolong mengatur berat tubuh Anda sekaligus juga memudahkan tanda-tanda maag yang mengganggu.

  • Mengatur porsinya

Ikuti tips “makan dikit tetapi seringkali lebih baik dibanding bagian besar dalam sekali makan”. Jika Anda terlatih makan 3 kali satu hari dalam bagian banyak, semestinya buat ke 5-6 bagian kecil.

Makan dalam jumlahnya kecil dengan type makanan yang pas bisa menolong mengatur berat tubuh. Bahkan juga, perihal ini dapat juga kurangi tanda-tanda asam lambung yang seringkali kambuh, seperti dikutip dari Medical News Today.

  • Berolahraga teratur

Telah lelah diet tetapi berat tubuh Anda tidak kunjung turun? Bisa saja Anda kurang berolahraga.

Menurut satu studi yang dimuat dalam jurnal Obesity tahun 2013, berat tubuh yang normal bisa menolong menurunkan tanda-tanda asam lambung cukuplah mencolok. Salah satunya langkah termudah, murah, serta efisien yang dapat Anda kerjakan ialah berolahraga.

Namun, semestinya tanyakan dahulu ke dokter sebelum mulai berolahraga. Beberapa macam berolahraga, terutamanya berolahraga intensitas tinggi, nyatanya bisa turunkan saluran darah ke skema pencernaan Anda. Bukannya membuat sehat, tanda-tanda asam lambung Anda justru jadi seringkali kambuh.

Semestinya, awalilah dengan berolahraga yang mudah seperti berjalan, jogging, yoga, atau berenang. Kerjakan sekurang-kurangnya saat 30 menit minimum 3 kali satu minggu. Sesudah itu, lihat reaksi badan Anda. Bila tanda-tanda maag tidak kambuh, jadi Anda baru bisa coba type berolahraga yang lain yang lebih berat.

Jadi, penjelasan ini mematahkan mitos jika orang yang miliki sakit maag tidak bisa diet benar-benar. Ingat, diet bisa saja dikerjakan seandainya triknya pas.